Inspektur Jenderal : Auditor Harus Memperluas Wawasannya


Jakarta – Inspektur Jenderal  Prof. Dr. Akhmad Syakhroza, S.E., MAFIS mengawali jabatannya dengan memberikan pengarahan kepada para auditor di lingkungan Inspektorat Jenderal pada hari Selasa tanggal 3 April 2018 bertempat di Auditorium Gedung Inspektorat Jenderal.

Acara ini dimoderatori oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal, Iwan Prasetya Adhi, S.E. dan dihadiri oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan auditor dari Inspektorat I, II, III, IV dan V di lingkungan Inspektorat Jenderal KESDM.

Dalam acara ini, Inspektur Jenderal memberikan beberapa arahan, yaitu :

  1. Agar para auditor memperluas wawasannya dengan melakukan rotasi dan ikut menjadi pelaksana pada unit – unit organisasi.
  2. Berkoordinasi dengan BPSDM ESDM agar materi Integritas dimasukan sebagai bahan ajar dalam modul pelatihan.
  3. Kegiatan di lingkungan Itjen KESDM harus mendorong tujuan Kementerian secara akuntabel dan auditabel.
  4. Dalam rangka memperbaiki sistem pengawasan, Itjen harus mengawal setiap kegiatan mulai dari hulu/perencanaan sampai hilir (pelaksanaan). Para auditor harus mengetahui kondisi di lapangan sehingga setiap rekomendasi dapat menghilangkan penyebab.

Di akhir pengarahannya, Inspektur Jenderal juga menyatakan seorang pemimpin itu harus bisa mengerjakan tugas pelaksana, demikian pula pelaksana dapat memahami tugas pimpinan, sehingga proses regenerasi dapat berjalan dengan baik.