Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Raih Level 3 Maturitas dan Kapabilitas


Jakarta - Kementerian ESDM baru saja menerima 2 penghargaan dari Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP), Penghargaan Maturitas dan Kapabilitas Level 3. Penyerahan Piagam Penghargaan telah dilaksanakan di Ruang Auditorium Gedung Inspektorat Jenderal KESDM Jalan Patra Kuningan Raya No.1 B Jakarta pada hari Selasa tanggal 5 Maret 2019. Acara ini dihadiri oleh Inspektur Jenderal KESDM Akhmad Syahroza, Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian, dan Kemaritiman BPKP Nurdin, Direktur Pengawasan Produksi dan Sumber Daya Alam BPKP Mulyana, Kepala Biro Perencanaan Sekjen KESDM Harya Adityawarman, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang IACM, para Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas serta Pejabat Fungsional Auditor di lingkungan Inspektorat Jenderal KESDM

Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan BPKP, Kementerian ESDM berada pada kategori “terdefinisi”, sehingga berhasil mencapai Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 3. Untuk Inspektorat Jenderal sendiri telah mencapai level 3 (integrated) penuh, setelah sebelumnya sejak tahun 2016 kapabilitas Itjen berada pada level 3 dengan catatan. Pencapaian target ini lebih cepat dari target RPJMN bahwa diakhir tahun 2019 Maturitas Kementerian/Lembaga berada pada level 3 (terdefinisi) dari skala 1-5 dan Kapabilitas APIP pada level 3 (integrated), ungkap Budiyantono selaku Sekretaris Inspektorat Jenderal.

Inspektur Jenderal Akhmad Syahroza, menekankan bahwa keberhasilan pengendalian intern di KESDM adalah tanggung jawab bersama seluruh pimpinan unit utama di lingkungan KESDM dalam rangka mewujudkan tujuan (goals) dari organisasi. Untuk selanjutnya. tahun  2019 ini, Itjen KESDM menargetkan Internal Audit Capability Model (IACM) menuju level 4.