Bimbingan Teknis Program Pengendalian Gratifikasi dan Penyusunan Peraturan Pengendalian Gratifikasi di Hotel Amaris Bogor


Pengertian Gratifikasi menurut penjelasan Pasal 12B UU No. 20 Tahun 2001 adalah Pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya. Gratifikasi tersebut baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri dan yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.

Untuk memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi mengenai gratifikasi maka pada tanggal 4 s.d 6 Juni 2014 diadakan Bimbingan Teknis Program Pengendalian Gratifikasi dan Penyusunan Peraturan Pengendalian Gratifikasi di Hotel Amaris Bogor. Peserta bimbingan teknis terdiri dari pejabat/pegawai yang merupakan perwakilan dari unit utama di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dengan narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah tersusunnya konsep Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tentang Pengendalian Gratifikasi di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan tugas Inspektorat Jenderal sebagai Unit Penggerak Integritas untuk mendorong pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. (novi/IC)