Inspektur Jenderal Kementerian ESDM Kunjungi Museum Gunung Batur

Sabtu, 8 Juni 2024 - Dibaca 106 kali

Inspektur Jenderal Bambang Suswantono bersama Inspektur III La Ode Tarfin Jaya melakukan kunjungan ke Museum Gunung Batur dan Pos Pengamat Gunungapi (PGA) Batur, Sabtu (8/6). Pengawasan terhadap Badan Geologi dan satuan kerjanya merupakan lingkup pengawasan dari Inspektorat III. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Badan Geologi dan Kepala Museum Gunung Batur.

Dalam kegiatan tersebut Inspektur Jenderal mengungkapkan perhatian Inspektorat Jenderal (Itjen) atas optimalisasi PNBP Museum Batur, bahwa sehubungan dengan beban pemeliharan Museum Batur yang masih menggunakan APBN, sehingga diperlukan tambahan pembiayaan untuk bisa meningkatkan pelayanan Museum Batur dan tidak lagi sepenuhnya menggunakan APBN. Termasuk juga perhatian Itjen kepada PGA Batur terkait standar-sandar yang diperlukan untuk memenuhi tujuan kehandalan Pos PGA dalam memitigasi bencana kegunungapian.

"Kita akan terus melaksanakan pendampingan terhadap Museum Batur untuk mendorong progress percepatan pengelolaan PNBP dengan pihak pihak terkait", ungkap Bambang dalam pengarahannya.

Inspektur III juga merekomendasikan untuk Pos PGA Batur melakukan identifikasi peralatan yang dibutuhkan dan melakukan koordinasi dengan Sekretariat Jenderal cq Biro Sumber Daya Manusia dalam rangka pengisian formasi jabatan pengamat gunungapi tahun 2024.

"APIP dalam hal ini Inspektorat Jenderal akan mendampingi progress rencana aksi dan terus mendukung optimalisasi Museum Batur dan Pos PGA Batur agar pelayanannya untuk masyarakat dapat terus ditingkatkan", pungkas La Ode. (CA)

Bagikan Ini!