Pelantikan Jabatan Fungsional dan Penyerahan SK Pegawai di Lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM

Senin, 26 Februari 2024 - Dibaca 364 kali

Senin (26/2), Inspektur Jenderal Kementerian ESDM, Bambang Suswantono, melantik dan mengambil sumpah 3 (tiga) orang Pejabat Fungsional, yang terdiri dari 1 (satu) orang Analis Hukum Ahli Muda dan 2 (dua) orang Auditor Ahli Muda, serta menyerahkan SK kenaikan pangkat secara simbolis kepada pegawai yang menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi, dan menyerahkan SK Pensiun kepada pegawai yang telah memasuki masa purnabhakti.

Inspektur Jenderal mengucapkan selamat atas pencapaian pegawai dilantik dan berharap agar pencapaian ini diimbangi dengan peningkatan kemampuan dan kompetensi seiring dengan naiknya jabatan maupun pangkat pegawai, serta pegawai yang naik pangkat untuk terus berkinerja lebih baik, menjunjung tinggi integritas, bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan tugas, mengaplikasikan nilai dan etika ASN BerAKHLAK, serta penuh semangat dalam menghadapi tantangan.

c-Pelantikan_Februari_2024_3.png

Sejalan dengan kemajuan jaman dan globalisasi, Inspektorat Jenderal dituntut menjadi garda terdepan dalam menghadapi tantangan dan perubahan dalam lingkungan strategis dan dinamis saat ini. Peran strategis Itjen dalam membantu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk mencapai tujuan strategisnya yaitu dengan memberikan pemahaman yang lebih baik dan upaya perbaikan melalui fungsi pengawasan intern, yang tentunya memerlukan sumber daya manusia/pegawai yang proaktif, mumpuni dan memiliki kompetensi yang memadai untuk melaksanakan tugas tersebut.

Inspektorat Jenderal KESDM telah mengembangkan pengelolaan Competency Based Human Capital Management dengan tujuan membentuk Competent Person Auditor yang mempunyai kemampuan global perspective, personal agility, dan situational leadership. Inspektur Jenderal berpesan agar auditor Itjen harus selalu menaati standar audit dan kode etik auditor dalam melakukan pengawasan internal secara profesional, sehingga dapat memberikan tingkat kepastian serta kepercayaan yang tinggi serta jaminan (assurance) bagi pemerintah dan pemangku kepentingan (stakeholder).

Tahun 2024 ini, Itjen KESDM akan melaksanakan pemetaan kompetensi secara bertahap untuk seluruh Pegawai, dimulai dengan 21 (dua puluh satu) Auditor Ahli Muda yang telah melaksanakan assessment kompetensi dalam rangka pengisian Kotak Manajemen Talenta untuk formasi Auditor Ahli Madya, dan akan dilanjutkan untuk jabatan lainnya. Dari hasil assessment tersebut, potret kompetensi setiap pegawai akan didapatkan, sehingga dapat disusun program pengembangan kompetensi yang tepat bagi seluruh Pegawai. Di samping itu, program sertifikasi juga akan diakomodir, seperti CISA dan Teknik Audit Berbasis Komputer serta beberapa Sertifikasi Profesional lainnya.

c-Pelantikan_Februari_2024_4.png

Dalam acara pelantikan dan penyerahan SK pegawai yang berlangsung di Gedung Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM di Jakarta, turut hadir Inspektur I, Inspektur II, Inspektur III, Inspektur V, Para Auditor Utama, serta para pegawai di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM.

Bagikan Ini!